Olahraga Yang Dianjurkan Agar Cepat Hamil

olahraga agar cepat hamilOlahraga agar cepat hamil

Menjaga kebugaran dengan berolahraga sangat dianjurkan untuk pasangan yang ingin segera hamil dan punya anak. Jenis yang dianjurkan biasanya adalah olahraga ringan sampai sedang yang tidak rawan cedera (low impact). Manfaat olahraga untuk pasangan yang ingin cepat hamil diantaranya adalah : menjaga kebugaran, mengontrol berat badan, dan menjaga kesuburan pria. Ketiganya sangat berpengaruh pada kehamilan. Yang perlu diingat adalah lakukan olahraga dengan cukup dan tidak berlebihan.

Berikut adalah jenis olah raga yang dianjurkan agar cepat hamil.

1.       Berjalan kaki. Jalan kaki merupakan olahraga ringan low impact yang sangat baik untuk menjaga kebugaran. Jalan kaki bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita bisa melakukannya rutin setiap hari. 

2.     Bersepeda. Olahraga bersepeda sangat baik untuk melatih dan menggerakkan otot paha dan otot panggul, melancarkan peredaran darah, dan mengontrol berat badan. Bersepeda tak perlu berat-berat, bersepeda santai keliling perumahan sudah cukup, asal dilakukan secara rutin.   
3.     Bermeditasi. Kegiatan bermeditasi seperti yoga banyak diakui efektif untuk menenangkan pikiran, menghilangkan stress, dan menjaga kebugaran tubuh. Agar lebih aman, lakukan meditasi yoga dengan bantuan instruktur.
Dalam beberapa kasus, meditasi yoga cukup kontroversial. Sebagian kalangan menentang meditasi yoga karena alasan tertentu.

4.     Olahraga renang. Berenang sering disebut sebagai olahraga yang paling baik karena semua otot bergerak. Berenang sering jadi olahraga favorit karena dianggap bisa membuat badan jadi atletis. Olahraga renang banyak disuka lantaran kita seperti sedang bermain-main saja bukan sedang berolahraga, padalah sejatinya ya olahraga juga.  
Konsultasikan ke dokter bagi calon ibu yang ingin melakukan olah raga renang ini.

Bagi calon ibu lakukan olahraga dengan sebijaksana mungkin, jangan terlalu berat dan hindari jenis olahraga yang beresiko seperti melompat, atau kebanyakan stretching. Terlalu banyak atau terlalu berat berolahraga malahan bisa menyebabkan kelelahan.  

Hindari olahraga yang bisa menimbulkan resiko terjatuh atau cedera perut seperti senam tertentu, ice skating, berkuda, olahraga yang menggunakan raket dll. Hindari pula yang menimbulkan kontak fisik seperti basket, sepakbola, hoki dll. Serta olahraga yang memerlukan ketinggian.
 
Intinya, olahraga yang dianjurkan agar cepat hamil harus memenuhi factor keamanan (low impact) dan sebaiknya bersifat rekreatif. Sehingga calon ibu melakukannya dengan perasaan senang dan suka. Dengan begitu akan terhindar dari stress dan kehilangan gairah. Sebelum berolahraga pastikan membawa bekal minuman yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.


Selain berolahraga, faktor makanan juga berpengaruh bagi pasangan yang ingin cepat hamil. Tentang kaitan makanan dan kehamilan silakan baca artikel ini. Semoga bermanfaat. 


Cara Cepat Hamil