Waktu Berdoa Yang Dianjurkan Agar Terkabul

Pada dasarnya berdoa bisa kita lakukan kapan saja. Pagi, siang atau pun malam. Namun Islam mengenal beberapa waktu berdoa yang dianjurkan agar sebuah doa dikabulkan Allah Swt. Jika kita berdoa di waktu-waktu tersebut dengan khusyu dan sungguh-sungguh maka insya Allah doa kita terkabul.
waktu berdoa yang baik
Sumber : Republika
Ada waktu berdoa yang sering kita temui dan ada pula yang jarang kita temui.  Berikut beberapa waktu berdoa yang baik dan dianjurkan dalam Islam agar doa kita terkabul.

1.       Doa di sepertiga malam yang terakhir. Dasarnya adalah hadits dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda. “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman ; barang siapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barang siapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barang siapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim)

2.       Berdoa setelah sholat fardhu. Dasarnya adalah hadits dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. (HR. Tirmidzi)

3.       Doa diantara waktu Adzan dan Iqamat. Dasarnya adalah sebuah hadits dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi)

4.       Waktu sujud ketika sedang sholat. Dasarnya adalah hadist dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Yang paling dekat seorang hamba pada Rabbnya ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah kalian berdoa”.  (HR. Muslim, Abu Daud, Nasa’i dan Ahmad). Serta hadist dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : “Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. (HR. Muslim)

5.       Pada hari Jumat. Dasarnya adalah hadist dari Abu Hurairah Ra, bahwasanya Rosulullah Saw menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari – Muslim).

Itulah beberapa waktu berdoa yang baik dan dianjurkan dalam Islam agar doa terkabul. Selain pada waktu-waktu tersebut diatas ada pula waktu-waktu lainnya, namun mungkin jarang kita temui. Seperti misalnya waktu malam Lailatul Qadar, waktu perang berkecamuk, waktu hari Arafah, doa ketika berbuka puasa, ketika hujan deras dan lain-lain. 

Selain waktu, hal yang perlu diperhatikan dalam berdoa adalah tentang cara berdoa itu sendiri. Silakan baca etika dan tata cara berdoa menurut Islam. Semoga doa kita semua diijabah oleh Allah Swt. (dari berbagai sumber) 


Cara Cepat Hamil