Konsumsi Banyak Kafein Saat Hamil dan Akibatnya Bagi Anak

Apa akibatnya jika ibu hamil mengkonsumsi banyak kafein selama kehamilan ? Apakah nanti berdampak pada anak yang dikandungnya ?

Minuman seperti kopi, teh atau yang berjenis kafein lainnya biasa dikonsumsi orang setiap waktu. Tak terkecuali oleh wanita yang sedang hamil alias bumil. Mereka tak jarang mengonsumsi minuman yang relatif mudah diseduh tersebut.

Akibat konsumsi banyak kafein saat hamil bagi anak dan ibunya

Namun, khusus ibu hamil, perlu waspada jika mengonsumsi kafein terlalu banyak. Dilansir dari News.co.au, Selasa (26/6), setidaknya tiga cangkir teh sehari bagi ibu hamil bisa berpotensi meningkatkan risiko melahirkan anak-anak yang kelebihan berat badan.

"Sebuah studi baru telah menemukan faktor risiko yang mengkhawatirkan bagi bayi ketika ibu mereka mengonsumsi banyak kafein selama kehamilan," tulis laporan tersebut. Ibu hamil disarankan menjaga asupan kafein selama kehamilan hingga di bawah 200 miligram (mg) per hari. Hal ini agar risiko masalah pada bayi menjadi lebih rendah.

Penelitian terhadap lebih dari 50 ribu ibu telah dilakukan oleh para peneliti di Sahlgrenska Academy di Swedia bekerja sama dengan Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia. Peneliti meneliti berat anak-anak hingga usia delapan tahun.

Ditemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari cenderung memiliki anak-anak yang kelebihan berat badan pada usia prasekolah dan usia sekolah. Ditemukan pula bahwa 15 persen wanita yang mengkonsumsi antara 50 mg dan 199 mg kafein per hari saat kehamilan lebih mungkin untuk memiliki anak dengan berat badan yang berlebihan saat berumur satu tahun.

“Asupan kafein ibu yang tinggi selama kehamilan terkait dengan pertumbuhan berlebih dari bayi dan kegemukan di masa kanak-kanak,” kata Dr Eleni Papadopoulou dari Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia yang merupakan penulis utama studi tersebut.

Penelitian ini merupakan salah satu survei kesehatan terbesar di dunia bagi wanita hamil dan telah mendorong beberapa peneliti Swedia menyarankan para wanita hamil untuk mengkonsumsi lebih sedikit kafein.

"Kafein adalah zat yang perlu dikurangi atau Anda benar-benar menahan diri selama kehamilan," ujar profesor kebidanan dan ginekologi di Akademi Sahlgrenska, Verena Sengpiel kepada The Telegraph. (Republika Online)

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Konsumsi Banyak Kafein Saat Hamil dan Akibatnya Bagi Anak"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Semua komentar dimoderasi,