12 Tips Agar Cepat Hamil Secara Alami

Tips agar cepat hamil yang alami

Jika Anda bersama pasangan sedang berusaha agar cepat hamil, maka momen itu bisa menjadi saat yang menyenangkan. Kenapa ? Sebab, Anda selalu punya alasan untuk meringkuk berdua dengan pasangan suami atau istri Anda. Tetapi sayangnya, hasilnya tidak selalu sama untuk semua pasangan. Diantara mereka ada yang meraih kehamilannya dalam hitungan minggu atau bulan, sementara yang lain harus menunggu untuk jangka waktu yang lama, bahkan mungkin selama bertahun-tahun.

tips agar cepat hamil yang alami
Menunggu kehamilan selama bertahun-tahun untuk waktu yang lama tentu saja hal itu dapat membuat frustrasi atau putus asa. 12 tips agar cepat hamil secara alami berikut ini adalah rangkuman riset sederhana untuk mengetahui bagaimana agar pasangan suami-istri cepat hamil dengan alami. Dari soal diet makanan, berat badan, siklus haid, posisi seks dan lain-lain. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan agar hamil.

Sesuai dengan tema-nya, ke-12 tips agar cepat hamil ini hanya merangkum cara yang alami saja. Pertimbangannya semakin sederhana dan semakin alami, maka akan semakin mudah dipahami. Cara lain yang tidak natural sifatnya, tidak dibahas disini. Berikut tips tersebut selengkapnya :

Pertama : Diet sehat

Soal diet sehat selalu mudah diucapkan tapi tidak mudah untuk dilakukan. Hmm, tentu saja. Tapi menjalankan diet sehat dan gaya hidup sehat benar-benar penting jika Anda ingin meningkatkan peluang untuk cepat hamil.

Olahraga teratur dan diet yang seimbang akan membantu menjaga kondisi tubuh pada level puncak kebugaran, dan Anda memerlukan kebugaran tubuh yang terbaik jika Anda dan pasangan ingin agar cepat hamil. Tapi pertanyaannya diet seperti apakah yang dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan probabilitas kehamilan ? 

Pertama-tama pastikan bahwa Anda mengkonsumsi buah dan sayuran segar dari banyak kelompok warna yang berbeda. Ini adalah cara mudah untuk memastikan Anda mendapatkan aneka vitamin dan mineral penting dalam menjalankan diet.

Jadi itu berarti Anda perlu stok dalam blueberry, raspberry, paprika merah, tomat dan sayuran hijau seperti kale keriting. Makanan yang bagus untuk hamil lainnya adalah makanan yang banyak mengandung zinc, seperti tiram (mungkin ini jadi lebih boros ya, tapi untuk tujuan baik nggak masalah ‘kan ?)

Selain itu juga asam folat. Asam folat adalah kandungan makanan yang penting untuk kehamilan. Oleh karenanya, juga penting bagi perempuan yang sedang berusaha untuk hamil. Makanan kaya asam folat biasanya berwarna hijau, jadi cobalah makan lebih banyak brokoli dan bayam .

Mengkonsumsi susu, buah-buahan, daging dan protein dalam jumlah yang moderat juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan peluang untuk menjadi seorang ibu.

Cobalah untuk memasukkan dua atau tiga porsi susu dalam diet Anda setiap hari, tapi pastikan untuk menyeimbangkan hal ini dengan banyak buah, sayuran dan daging tanpa lemak atau ikan. Intinya adalah berusaha mengkonsumsi makanan secara seimbang untuk mendapatkan manfaat dari semua kelompok makanan yang berbeda !

Kedua : Vitamin dan mineral tambahan

Ada beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh ketika sedang mempersiapkan kehamilan.
Termasuk dalam hal ini adalah vitamin tambahan dan sejumlah mineral. Vitamin dan mineral ini ada yang harus terus dikonsumsi bahkan setelah Anda hamil.

Vitamin dan mineral tersebut adalah : vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin E, seng, tembaga, asam panthothenic, kalium, riboflavin, dan niacin.

Ketiga : Menjaga berat badan

Salah satu dari tips agar cepat hamil yang paling penting untuk digaris bawahi adalah soal menjaga berat badan. Sebagaimana kita ketahui, kelebihan berat badan ataupun kekurangan berat badan dapat mengurangi kesempatan untuk hamil secara signfikan. Jadi, ketika sedang berusaha untuk memiliki bayi, Anda benar-benar harus memperhatikan soal berat badan. Idealnya BMI (body mass index atau indeks massa tubuh) Anda harus diantara angka 20 – 25. Jika posisi BMI ada diatas atau dibawah angka tersebut maka kemungkinan upaya Anda untuk hamil cepat bisa gagal.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan kemungkinan terkena tekanan darah tinggi dan diabetes selama kehamilan, selain itu juga dapat berkontribusi terhadap terjadinya komplikasi selama hamil.

Konsultasikan pada dokter dan periksa apakah berat badan bisa menjadi penyebab sulit hamil. Setelah bertemu dokter mungkin beliau akan memberitahukan bahwa Anda perlu untuk menaikkan atau menurunkan berat badan untuk memaksimalkan kesempatan kehamilan.

Jangan pernah melanggar diet sendiri. Tidak peduli seberapa cepat keinginan Anda untuk hamil, menaikkan atau menurunkan berat badan membutuhkan proses, waktu dan itu perlu dilakukan dengan bijaksana. Dalam jangka panjang semua itu akan bermanfaat. Toh kelak Anda bisa menjadi orang tua yang lebih sehat !

Keempat : Detoksifikasi atau membuang racun

Detoksifikasi atau membuang racun adalah cara lama yang mungkin tidak menyenangkan. Meski demikian, detoksifikasi adalah cara yang sangat baik untuk membersihkan diri dari setiap racun jahat yang mengintai di sekitar kita.

Ada beberapa hal yang jelas-jelas harus dikurangi. Misalnya merokok dan minum alkohol. Keduanya dapat mengurangi kemungkinan seseorang untuk hamil, jadi cobalah untuk meng-“cut back” semua yang berkaitan dengan rokok dan minuman beralkohol.

Hal yang sama juga berlaku untuk suami atau pasangan Anda, sebab minuman beralkohol dapat mempengaruhi kualitas spermanya. Semakin Anda dan pasangan mengurangi minuman beralkohol maka semakin baik. Sedangkan untuk soal merokok, berhentilah sepenuhnya karena merokok memiliki kaitan langsung dengan rendahnya tingkat kesuburan pada pria dan wanita.

Kelima : minuman yang mengandung kafein

Mari beralih ke tips agar cepat hamil alami berikutnya, yaitu soal minuman yang mengandung kafein. Para peneliti sebelumnya telah menyatakan bahwa wanita yang memiliki masalah kesuburan tidak akan mendapatkan keuntungan dari minum banyak kopi. Yang ada malahan cenderung merugikan. Jika mereka minum lebih dari empat cangkir kopi sehari, maka dapat mengurangi kemungkinan mereka untuk hamil sekitar 26 %.

Namun, studi ini hanya melihat kaitan kafein dengan wanita yang punya masalah kesuburan, sehingga kebanyakan wanita tidak merasa bersalah jika mereka minum secangkir kopi pagi. Tapi, bagaimanapun Anda harus menghindari (tidak boleh) minum banyak kafein.

Keenam : Berhubungan seks secara teratur

Pada banyak kasus, banyak pasangan yang sekali “tembak” langsung oke dan sang istri pun hamil. Tapi ada juga pasangan yang “tembak-menembak” berkali-kali tapi istri belum juga hamil. Hmm, lucu. Yang jelas, banyak ahli sepakat bahwa berhubungan seks secara teratur sangat penting untuk mendapatkan kehamilan.

Jadi pertanyaannya seberapa sering seharusnya Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan sebelum menjalankan tes untuk mengetahui positif atau tidaknya kehamilan ? Jawabnya relatif. Tapi ada semacam kalender ovulasi, grafik dan perencanaan kehamilan yang mungkin bisa dijadikan patokan.

Dan jangan lupa, setelah Anda melakukan hubungan intim dengan suami tetaplah berbaring dan jangan langsung kabur ke kamar mandi agar sperma pasangan bertahan lebih lama.

Ketujuh : Ketahui siklus haid

Sebagian besar petugas medis setuju bahwa perempuan lebih mungkin untuk hamil dalam waktu satu atau dua hari setelah berovulasi.

Wanita biasanya berovulasi dua minggu setelah hari pertama haid, sehingga memiliki banyak aktifitas seksual pada saat tersebut sangat ideal. Boleh jadi Anda mungkin ingin membuat jadwal khusus to make a baby dengan pasangan ketika tahu bahwa Anda sedang berada pada kondisi paling subur.

Tapi itu bukan berarti Anda vakum dari aktifitas seksual dilain waktu, karena, seperti yang kita katakan, lebih banyak lebih baik !

Kedelapan : Kunjungi dokter Anda

Jika Anda saat ini sedang berusaha untuk segera hamil, maka inilah saat yang tepat untuk pergi ke dokter dan mengkonsultasikan keinginan tersebut. Dokter dapat melakukan pemeriksaan kesehatan umum (general check up) dan melakukan tes lain untuk memeriksa apakah ada masalah yang mengganggu dalam hal kesuburan.

Demikian pula jika baru saja mulai berencana to make a baby, maka Anda berdua perlu mengunjungi dokter untuk memeriksakan sejarah medis maupun kondisi kesehatan secara umum. Kepada mereka diskusikan segala keprihatinan soal usaha Anda untuk hamil. Mereka biasanya akan memberikan saran tentang opsi gaya hidup sehat dan cara-cara untuk meningkatkan peluang agar cepat hamil .

Jangan malas pergi ke dokter, karena mereka biasanya memiliki saran yang baik dan berguna. Jika mereka meminta untuk berhenti minum alcohol atau berhenti dari kebiasaan merokok 10 batang per hari, maka ikuti, karena itu semua adalah nasihat bijak yang harus dilakukan. Walau bagaimana mereka berada di sana adalah untuk membantu Anda agar hamil lebih cepat.

Kesembilan : Meningkatkan kesehatan pasangan

Masih berkaitan dengan tips agar cepat hamil secara alami ini, maka kesehatan pasangan Anda adalah sama pentingnya dengan kesehatan Anda sendiri. Jika dia mempersiapkan tubuhnya untuk sperma yang sehat maka itu juga akan meningkatkan peluang bagi terjadinya kehamilan.

Karena itu, pasangan pria Anda harus pula memiliki pola makan yang sehat dan berat badan yang seimbang, dan juga harus berpikir tentang berolahraga. Dia juga dapat membantu sperma untuk menjadi lebih kuat dan gesit dengan meningkatkan konsumsi Vitamin C dan Vitamin E.

Stres dapat membahayakan produksi sperma. Jadi jika pasangan Anda cemas atau stres maka itu bisa menjadi alasan yang tepat untuk menghadapinya. Baik dengan mengunjungi dokter atau mencari cara untuk menghilangkan factor penyebab stres tersebut.

Kesepuluh : Posisi bercinta

Sebenarnya topik ini adalah yang paling hangat dan paling dicari diantara tema tips agar cepat hamil. Beberapa posisi seks tertentu memang ada yang lebih baik daripada posisi yang lain bagi terjadinya kehamilan. Tapi karena satu dan lain alasan, situs ini tidak akan membahas dan tidak akan menampilkan gambar posisi tersebut. Silakan Anda cari via Google.

Kesebelas : Jangan stres

Lama menanti kehadiran seorang bayi bisa membuat kita stress. Jika Anda dan pasangan tidak bisa mengatasi stress / tekanan yang datang maka akan membuat situasi jadi lebih sulit. Pastikan Anda tidak stress, cemas atau panik. Karena ini sama pentingnya dengan berhenti merokok atau mengkonsumsi asam folat.

Sebuah studi di Oxford University menemukan bahwa wanita dengan enzim stres, akan kehilangan kemungkinan terjadinya kehamilan sebesar 12 % selama periode paling subur dari siklus bulanan mereka. Penelitian itu juga menyebutkan bahwa teknik relaksasi, konseling, yoga dan meditasi bisa membantu.

Jika hal itu bisa mengatasi stress, mengapa tidak bergabung sekalian dengan pusat yoga lokal atau mulai bermeditasi setiap hari ? Bahkan sekedar berendam di bak mandi atau bersantai bersama teman-teman akan sangat membantu mengurangi tingkat stress. Nah, jika stress bisa dikurangi maka itu akan meningkatkan kemugkinan untuk hamil.

Jika Anda benar-benar khawatir tentang apa yang sedang Anda nantikan itu begitu lama, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dokter yang dapat merujuk ke spesialis kesuburan .

Kedua belas : Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar cepat hamil ?

Secara umum kebanyakan pasangan (84 %) membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk hamil. Bagi orang lain itu bisa memakan waktu lebih lama.

Statistik menunjukkan 92 % pasangan bisa hamil setelah dua tahun mencoba, tapi kebanyakan pasangan disarankan untuk mengunjungi dokter jika mereka sudah mencoba selama satu tahun tapi tidak berhasil.

Wanita muda relative lebih subur sehingga semakin awal Anda mulai mencoba semakin mudah untuk hamil. Wanita dengan rata-rata usia awal dua puluhan memakan waktu empat sampai lima bulan untuk hamil.

Bagi perempuan di awal tiga puluhan mereka membutuhkan rata-rata tujuh sampai sepuluh bulan, sedangkan perempuan di usia tiga puluhan mereka rata-rata hamil setelah 10-12 bulan mencoba.

Akhirnya, itulah uraian singkat tentang 12 tips agar cepat hamil secara alami. Semoga bermanfaat. 

Cara Cepat Hamil

0 Response to "12 Tips Agar Cepat Hamil Secara Alami "

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Semua komentar dimoderasi,