8 Tips Untuk Hamil Setelah Keguguran

Tips Hamil Setelah Keguguran

Mekanisme untuk hamil setelah keguguran sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan kehamilan bayi pada umumnya. Namun demikian ada beberapa hal yang harus Anda ketahui jika Anda sedang berusaha untuk hamil lagi pasca keguguran kandungan. Berikut ini adalah 8 tips untuk hamil setelah keguguran yang perlu diketahui seperti dilansir situs justmommies.com :

tips hamil sesudah keguguran

1.    Mengkonsumsi vitamin (asam folat) : Sebuah lembaga di Amerika The National Women’s Health Information Center menempatkan asam folat pada urutan pertama yang harus dikonsumsi jika ingin hamil setelah keguguran. Wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat setidaknya 400 mcg tiga bulan sebelum mereka berencana untuk hamil. Asam folat sangat penting untuk mencegah cacat jaringan saraf. Selain itu, menurut University of Maryland Medical Center, terdapat bukti bahwa hal itu dapat mengurangi resiko keguguran. Riset lembaga lain juga menemukan bahwa wanita dengan kadar asam folat yang rendah punya kecenderungan keguguran yang lebih tinggi dan bayi yang dikandung lebih mungkin terkena cacat kromosom yang merupakan penyebab utama keguguran.  

2.    Menjalankan gaya hidup sehat. Ini akan meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil pasca keguguran serta kehamilannya nanti lebih sehat. Para peneliti di Inggris menemukan bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran segar secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran sebanyak 50 %. Olahraga teratur juga baik untuk kesehatan, tapi biar cepat hamil sebaiknya jangan olahraga berat. Karena olahraga berat justru kontra produktif dan bisa menimbulkan keguguran. Hentikan merokok, minuman beralkohol serta narkoba, ketiga kebiasaan buruk tersebut dapat menigkatkan risiko keguguran. Jangan lupa untuk mengurangi minuman berkafein dan menghindari stress.

3.    Cobalah ketika Anda sudah siap. Perisiwa keguguran selalu meninggalkan duka sampai traumatik. Tingkat kesiapan masing-masing pasangan berbeda soal kapan akan memulai program kehamilannya. Sebagian pasangan ada yang ingin segera memulainya, sementara yang lain menunggu sampai masa berdukanya usai. Dokter biasanya akan menyarankan untuk menunggu sampai satu siklus haid terlewati. Alasan yang dipakai biasanya adalah memberi waktu tubuh Anda untuk menyembuhkan diri, dan untuk memastikan bahwa Anda sudah siap secara emosional. Tidak ada alasan medis yang kuat untuk menunda-nunda jika Anda merasa sudah siap untuk hamil setelah keguguran. Malahan menurut penelitian terbaru, semakin cepat maka semakin baik. Pendapat tersebut diamini oleh para ilmuwan dari University of Aberdeen, Skotlandia.   

4.    Selalu perhatikan siklus haid. Biasanya menstruasi kembali datang dalam 4-6 minggu setelah keguguran. Sementara Anda menunggu siklus haid kembali normal, coba ingat-ingat dan kumpulkan informasi yang relevan termasuk tanda masa subur, perubahan suhu tubuh dan lain-lain. Ketika siklus haid Anda sudah kembali normal, mungkin itu bisa dipakai untuk manandai semacam grafik kesuburan dan merekam rentang siklus Anda.

5.    Lakukan tes / pemeriksaan. Jika seorang wanita mengalami dua kali atau lebih keguguran kandungan maka kejadian itu disebut dengan keguguran berulang. Bila kejadian kegugurannya hanya sekali mugkin itu bukan masalah kedepannya. Namun jika seorang wanita mengalami keguguran berulang secara berturut-turut maka yang bersangkutan mungkin perlu tes / pemeriksaan untuk mengetahui penyebab keguguran tersebut. Tes yang diperlukan misalnya adalah tes darah untuk mengetahui masalah yang berkaitan dengan hormone atau kekebalan tubuh, tes kromosom untuk mengetahui seandainya kromosom Anda atau pasangan adalah penyebabnya, serta pemeriksaan USG.       

6.    Ketahui tanda-tanda kesuburan. Mengetahui tanda-tanda kesuburan merupakan salah satu cara cepat hamil yang terbaik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya nyeri payudara, nyeri ovulasi, peningkatan lendir serviks, semua itu adalah pertanda bahwa ovulasi sudah dekat. Para ilmuwan telah mempelajari pola hubungan pasangan kaitannya dengan kehamilan, bahwa berhubungan pada saat masa subur memiliki probabilitas kehamilan tertinggi.

7.    Lingkungan yang mendukung. Untuk sebagian wanita, keguguran kandungan memiliki dampak emosional yang tidak ringan. Berada pada lingkungan yang tepat mungkin tidak berpengaruh langsung pada kehamilan yang diharapkan, namun setidaknya bisa meringankan beban dan membuat proses selanjutnya lebih mudah. Selain itu jika berada di tengah wanita lain yang pernah mengalami hal yang sama, setidaknya mereka bisa memberikan wawasan, saran atau harapan. Mereka pasti memiliki tips dan masukan yang berharga untuk langkah ke depannya nanti.

8.    Jangan berputus asa. Bagi wanita yang pernah mengalami keguguran berulang, suatu ketika mungkin pernah bertanya-tanya dalam hati, apakah ia telah ditakdirkan menjadi salah satu wanita yang infertile dan tidak punya anak ? Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran buruk seperti itu. Faktanya sebagian besar wanita yang pernah mengalami peristiwa itu, mereka masih bisa hamil setelah keguguran dan kehamilan mereka sehat. Mereka tidak menyerah pada keadaan dan tidak putus asa.

Akhirnya, dari pada berpikir yang tidak-tidak lebih baik tanamkan keyakinan yang kuat, bahwa Anda akan bisa melewati masalah ini dengan sebaik-baiknya. Percayalah bahwa keyakinan itu penting. Agama mengajarkan kepada kita bahwa setelah kesulitan maka akan datang kemudahan. Berdoa dan berusahalah, serta jangan berputus asa. Insya Allah Anda akan bisa hamil seperti wanita yang lain.

Cara Cepat Hamil

0 Response to "8 Tips Untuk Hamil Setelah Keguguran"