Cara Mencari Jodoh Menurut Islam

Islam adalah agama yang lengkap (kaaffah), agama Islam disamping mengatur hubungan antara mahluk dengan Tuhan sebagai penciptanya, juga mengatur hubungan antar sesama manusia atau sesama mahluk Tuhan. Salah satu hubungan antar manusia yang diatur oleh Islam adalah dalam hal mencari jodoh. Islam mengatur tentang cara mencari jodoh yang baik, yang bisa menjadi pegangan bagi remaja atau remaja puteri muslim yang hendak menikah.

mencari jodoh menurut Islam

Pertimbangan setiap orang dalam mencari jodoh berbeda-beda. Jika dipersingkat, cara mencari jodoh itu bisa di rujuk dari pertimbangan empat hal.

1.       Kecantikan atau ketampanannya
2.       Hartanya
3.       Keturunannya
4.       Agamanya

Seorang remaja atau remaja puteri bisa memilih jodohnya atas dasar kecantikan atau ketampanan, atas dasar harta kekayaannya, dan garis keturunannya. Tapi menurut Islam, bahwa mencari jodoh yang baik itu adalah atas dasar  atau menurut agamanya. Jika ia memilih seseorang yang agamanya baik, maka insya Allah calon yang dipilihnya itu akan baik buat dirinya, dan lebih kekal kebaikannya. Jika ia memilih jodoh berdasarkan pada kriteria kecantikan / ketampanan, harta kekayaan atau pun keturunan, ketiga kriteria tersebut sifatnya semu dan nilainya kebaikannya hanya sementara. 

Selain pertimbangan agama, dalam mencari jodoh sebaiknya antara calon pengantin pria dan calon pengantin wanita itu sekufu atau seimbang. Artinya tidak berat sebelah atau “njomplang”. Misalnya yang satu kaya banget yang lain miskin banget, atau yang satu pinter banget yang lain bodoh banget, yang pria tampan banget wanitanya buruk banget, yang satu lulusan S3 doktor tapi pasangannya lulusan SD saja dan lain-lain. Tujuan dari anjuran sekufu tersebut adalah agar pihak suami maupun istri kelak bisa lebih saling menghargai dan memahami.

Meskipun bukan aturan yang sifatnya kaku, salah satu maksud dan tujuan diaturnya cara mencari jodoh dalam Islam ini adalah agar kelak keluarga yang dibina itu menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah, serta kelak punya anak atau keturunan yang baik pula. 

Bagi remaja dan remaja puteri Islam yang sudah akil baligh dan siap untuk menikah, selamat mencari jodoh yang baik. Semoga kelak menjadi keluarga yang bahagia, yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. 

Cara Cepat Hamil