10 Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Masalah susah tidur pada ibu hamil 

Tidur adalah istirahat yang terbaik. Banyak wanita yang mengalami masalah susah tidur saat hamil. Sekitar 78 persen wanita hamil di dunia mengalami gangguan ini. Tentu saja hal tersebut memprihatinkan, karena bisa berakibat kurang baik bagi perkembangan kehamilan maupun janin dalam kandungan. Riset dari University of California, San Francisco, menyebutkan bahwa wanita hamil yang tidur malamnya kurang dari 6 jam memiliki resiko operasi caesar 4,5 kali lipat.
susah tidur saat hamil, sulit tidur

Penyebab susah tidur saat hamil bermacam-macam. Sebagian besar, masalah tersebut merupakan akibat dari kecemasan (stres), fluktuasi hormon, dan ketidaknyamanan fisik. Penyebab susah tidur lainnya adalah meningkatnya progesterone yang membuat ibu hamil lebih mengantuk pada siang hari, dan obesitas yang membuat wanita hamil lebih sering terjaga untuk buang air kecil.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil mungkin akan makin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Atau Anda mungkin harus terjaga berulang kali saat tidur malam untuk sekedar buang air kecil di kamar mandi. 

Hmm, merepotkan memang jika mengalami problem susah tidur seperti itu. Berikut beberapa tips mengatasi masalah susah tidur saat hamil, yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mendapatkan tidur malam yang lebih baik dan lebih nyaman.   

1.       Banyak minum pada siang hari. Tapi hentikan saat malam hari untuk meminimalkan frekuensi seringnya buang air kecil.

2.       Banyak bergerak. Berolahraga secara teratur sangat penting untuk kesehatan yang optimal, dan untuk meningkatkan sirkulasi darah (sehingga mengurangi kemungkinan kaki kram malam hari). Namun, hindarilah berolahraga di sore hari. Tentu saja pilih jenis olah raga yang sesuai.

3.       Kurangi stres dan kecemasan. Stres dan kecemasan adalah penyebab utama susah tidur dan menghambat tidur malam yang baik. Ingatlah bahwa rasa cemas dan kekhawatiran itu tidak akan membantu Anda, sebaliknya terbuka berbicara tentang masalah Anda akan sangat bermanfaat. Cari teman atau seorang profesional yang dapat mendengarkan dan membantu Anda jika ada masalah dalam hidup Anda yang menyebabkan Anda cemas, stres, atau merasa kesal. 

4.       Lakukan kebiasaan yang teratur positif. Jika Anda terbiasa dengan kegiatan sore yang teratur, nyaman, dan menghibur maka Anda akan dapat tidur dengan lebih mudah. Saat menjelang tidur coba lakukan hal kecil seperti minum secangkir teh bebas kafein atau susu hangat, membaca satu  bab dari buku favorit Anda, mandi air hangat, mencoba pijatan di bahu, dan lain-lain. 

5.       Tentang posisi tidur. Selama trimester ketiga, cobalah berbaring pada di sisi kiri Anda untuk memungkinkan aliran darah terbaik untuk janin, rahim dan ginjal. Hindari berbaring telentang untuk jangka waktu yang lama.

  Video tentang cara atau posisi tidur saat hamil di YouTube


6.       Menghindari mules. Untuk mencegah sakit mules, jangan berbaring 1-2 jam setelah makan. Jika sakit mules datang, cobalah tidur dengan kepala ditinggikan pakai bantal. Selain itu, hindari rasa pedas, asam (seperti produk tomat), atau makanan digoreng.  

7.       Tidur di siang hari. Jika Anda tidak bisa istirahat cukup di malam hari, cobalah tidur siang untuk membantu mengurangi kelelahan. Cari tempat yang tenang, dan istirahatlah meski hanya untuk tidur siang setengah jam.

8.       Menopang tubuh. Gunakan bantal kehamilan khusus atau bantal biasa untuk menopang tubuh Anda. Untuk kenyamanan, cobalah tidur di satu sisi Anda dengan satu bantal di bawah lutut Anda dan lain di bawah perut Anda.

9.       Perhatikan diet Anda. Jauhi sepenuhnya kafein dan alkohol untuk mencegah masalah susah tidur (insomnia). Jika mual, cobalah makan makanan ringan  tapi sering. Jaga perut Anda tetap terisi makanan meski sedikit, hal ini membantu terhindar dari rasa mual. Makanlah diet yang seimbang. Ini bukan cuma penting bagi Anda maupun kesehatan bayi Anda, tapi juga untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga Anda tak perlu snack lagi untuk menemani tidur. 

10.   Cari bantuan. Temui dokter Anda untuk minta nasihat jika masalah susah tidur Anda berlanjut. Saat hamil seperti sekarang, Anda pastinya sangat membutuhkan istirahat agar kehamilan Anda tetap sehat. 

11.   Berdoa sebelum tidur. Jangan lupa berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Mintalah agar diberikan ketenangan dan kenyamanan selama kita tidur.  

Nah, itulah 10 tips untuk mengatasi susah tidur saat hamil. Semoga bermanfaat. 


Cara Cepat Hamil