8 Faktor Penyebab Infertilitas Pada Pria

Faktor penyebab infertilitas pria

Infertilitas (infertility) atau ketidaksuburan sering dikaitkan dengan situasi sulitnya kehamilan pada seorang wanita. Sesungguhnya apa itu infertilitas ? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infertilitas adalah keadaan dimana tidak adanya tanda-tanda kehamilan pada pasangan suami-istri meski telah menjalani hubungan intim secara reguler tanpa kontrasepsi selama 1 sampai 2 tahun. Tak hanya pada wanita, infertilitas juga bisa terjadi pada pria. Infertilitas pada pria menyumbang sekitar 40 % bagi kemungkinan terjadinya susah hamil pada pasangan suami-istri. 

penyebab infertilitas pria

Sayangnya masyarakat kita sering ambivalen dalam menilai infertilitas ini. Sudah bukan rahasia lagi jika dalam soal ketidaksuburan maka wanita lah yang pertama kali sering jadi sasaran. Jika sudah lama menikah tapi tak kunjung punya keturunan, maka dianggapnya sang istri tidak subur. Padahal kita semua tau bahwa ketidaksuburan ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Tentu saja penilaian itu tidak adil, tapi ya itulah masyarakat.

Nah, infertilitas pada pria sering diartikan sebagai kualitas sperma yang dibawah standar atau sperma yang tidak memenuhi kriteria sperma yang baik. Karena itu pemeriksaan terhadap infertilitas laki-laki ini tidak bisa lepas dari pemeriksaan kualitas sperma. Misalnya dengan meneliti jumlah sperma, gerakan, bentuk maupun volumenya.

Penyebab infertilitas pria bermacam-macam, umumnya adalah karena gaya hidup tidak sehat yang mereka jalani . Berikut 8 faktor penyebab infertilitas pada pria yang paling umum diketahui.

1.      Merokok. Masih ingat tulisan peringatan bahaya merokok yang selalu ada dalam setiap kemasan bungkus rokok ? Tulisannya seragam, bunyinya : “Merokok bisa menyebabkan serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Pada kenyataannya merokok dapat mengurangi kemampuan sperma laki-laki dalam berenang mendekati sel telur wanita.

2.      Minum alkohol. Selain bikin mabuk, alkohol bisa menyebabkan infertilitas pria. Alkohol berdampak buruk pada menurunnya jumlah dan kualitas sperma laki-laki, dalam jangka panjang malahan bisa membuat organ vital pria tidak bisa ereksi.

3.      Narkoba. Kualitas dan jumlah sperma laki-laki bisa turun sebanyak 50 % jika yang bersangkutan biasa mengkonsumsi narkoba. 

4.      Faktor lingkungan yang berbahaya atau beracun. Pekerjaan kaum pria sering terpaksa berhubungan dengan hal-hal yang berbahaya. Misalnya pekerja tambang, instalasi listrik, bahan-bahan kimia dan lain-lain. Jika sering terkena zat yang berbahaya seperti merkuri, pestisida, logam berat, radio aktif, sinar X dan lain-lain dapat menyebabkan infertilitas pada pria, karena zat-zat tersebut dapat berakibat buruk bagi jumlah maupun kualitas sperma.  

5.      Obat tanpa resep dokter. Jangan suka minum obat tanpa resep dokter karena obat-obatan tertentu bisa berdampak buruk pada produksi sperma.

6.      Organ vital sering terkena panas. Ini masukan buat yang hobby spa. Jangan sering-sering sauna, berlama-lama di ruang uap, mandi air panas dll. Karena bisa mengganggu produksi sperma. Demikian pula para pria yang bekerja dengan lebih banyak duduk, seperti pekerja kantoran, penjahit, sopir dan lain-lain.
  
7.      Faktor penyakit tertentu. Beberapa penyakit seperti diabetes, prostat, infeksi kelamin, operasi hernia, kanker testis bisa berdampak pada infertilitas pria. 

8.      Faktor usia. Pria berusia diatas 40 tahun umumnya kurang subur dibanding pria yang berusia lebih muda.

Mengubah gaya hidup yang dari tidak sehat menuju yang lebih sehat adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sperma atau kesuburan pria. Jika kualitas sperma laki-lakinya oke, tentu pembuahan yang menjadi prasyarat terjadinya kehamilan akan lebih mudah terlaksana.

Itulah 8 penyebab infertilitas pada pria yang paling sering terjadi. Adalah keliru jika di tengah masyarakat ada anggapan bahwa infertilitas merupakan masalah perempuan semata. Kaum pria juga harus siap menerima kenyataan jika infertilitas sesungguhnya bisa juga terjadi pada mereka.

Pria yang punya anak atau keturunan pastilah memiliki kebanggaan tersendiri. Jadi bersegeralah untuk memeriksakan dan mengetahui faktor-faktor penyebab infertilitas pria tersebut. Karena hal itu akan membantu menemukan solusi bagi pasangan suami istri yang ingin cepat hamil dan punya anak.


Cara Cepat Hamil