Cara Meningkatkan Berat Badan Saat Hamil

Meningkatkan berat badan saat hamil

Kebanyakan wanita akan alergi jika dibilang berat badannya bertambah melar (maunya langsing terus seperti artis idola). Tapi tidak demikian halnya dengan wanita hamil. Mereka justru khawatir jika berat badannya tidak meningkat, stagnan atau pertambahan berat badannya kurang dari yang seharusnya.

cara meningkatkan berat badan saat hamil

Meningkatnya berat badan pada wanita hamil adalah normal. Peningkatan berat badan dalam batasan tertentu merupakan pertanda bahwa kehamilannya sehat dan bayi yang dikandungnya tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Jika pertambahan berat badannya hanya sedikit atau dibawah normal, maka kemungkinan bayi yang dilahirkannya juga kecil (kurang dari 2,5 kg). Ada rumus tertentu untuk menghitung pertambahan berat badan yang ideal pada wanita hamil. Tentang rumus pertambahan berat badan pada wanita hamil akan dibahas pada bagian akhir tulisan ini.

Jika Anda termasuk ibu hamil yang kesulitan dalam meningkatkan berat badan, maka dibawah ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan berat badan selama kehamilan.

1. Menambah frekuensi makan. Kadang-kadang ibu hamil merasa perutnya sudah “penuh sesak”, sehingga malas untuk menambah porsi makan. Jika demikian maka makanlah makanan tambahan dalam porsi lebih kecil tapi sering. Dengan begitu tubuh akan mampu menyerap kalori ekstra sepanjang hari, plus bisa menghindari dari rasa mual atau mulas.

2. Selalu membawa makanan kecil. Ini untuk memudahkan Anda makan cemilan sepanjang hari. Tidak perlu persiapan khusus, bawa saja makanan kecil seperti biskuit, kacang-kacangan, keripik atau buah yang dikeringkan. Jika Anda punya tempat kecil untuk makanan dingin, Anda bisa membawa potongan buah apel atau pir yang sudah dikupas dan tinggal makan. Intinya jangan menunggu rasa lapar baru makan.

3. Minuman berkalori. Cobalah minum minuman yang mengandung kalori. Seperti teh manis, atau minuman yang ditaburi bubuk sereal. Dari segi rasa mungkin tak ada yang istimewa, tapi itu bisa menambah kalori.

4. Gunakan suplemen jika perlu. Sebelum menggunakan suplemen, terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

BMI dan peningkatan berat badan yang ideal saat hamil  

Peningkatan berat badan yang ideal pada ibu hamil merupakan cermin dari kesehatan calon ibu maupun janin dalam kandungan. Secara umum jika sebelum hamil berat badan Anda adalah normal, maka usahakan agar berat badan Anda naik sekitar 12 – 16 kg selama kehamilan. Sedangkan bila Anda memiliki berat badan berlebih sebelum hamil, maka usahakan agar peningkatan berat badan hanya sekitar 5 – 9 kg selama kehamilan.

Pertambahan berat badan yang berlebihan, maupun sebaliknya pertambahan berat badan yang kurang, sama-sama beresiko bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.      

Cara untuk mengetahui berapa pertambahan berat badan yang ideal selama hamil adalah dengan terlebih dulu mengetahui indeks massa tubuh (body mass index atau BMI). Yaitu berat badan (kg) dibagi tinggi badan (meter) dikuadratkan. Bagi wanita dewasa BMI dianggap ideal jika berada pada kisaran 19 – 23.

Rumus BMI = BB (kg) ÷ (TB × TB)

Perhatikan table klasifikasi BMI dibawah ini :

Klasifikasi
BMI
Kenaikan BB saat hamil
BB kurang
< 18,5
13 – 18 kg
BB normal
18,5 – 24,9
11 – 16 kg
BB berlebih
25 – 29,9
7 – 11 kg
> 30
5 – 9 kg

Setelah indeks massa tubuh diketahui barulah dicocokan berapa peningkatan berat badan Anda yang ideal selama kehamilan. Misalnya, jika BB normal maka penambahan berat badan saat hamil sekitar 12 – 16 kg, jika BB lebih maka penambahan sekitar 5 – 9 kg, dan jika BB kurang maka kenaikannya sekitar 13 – 18 kg.  

Perlu diperhatikan, biasanya pada awal masa kehamilan (trimester pertama) nafsu makan ibu hamil banyak terganggu oleh perasaan mual dan ingin muntah. Sedangkan pada trimester ke-2 dan ke-3 nafsu makan sudah kembali normal.

Sebagai penutup, beberapa makanan kecil yang baik untuk ibu hamil diantaranya : keripik, es krim, cokelat, pudding, kue-kue, popcorn, buah kering, buah beku, dll. Jika Anda menderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini.

Itulah cara singkat meningkatkan berat badan saat hamil. Jika Anda punya tips yang lain silakan menambahkan.

Cara Cepat Hamil

1 Response to "Cara Meningkatkan Berat Badan Saat Hamil"

siswan aris said...

oang hamil berat badan jadi gendut.. mungkin memang ciri orang hamil