7 Pertanyaan Yang Perlu Diajukan Ibu Hamil Pada Dokter

ibu hamil berkonsultasi ke dokter kandungan

Pertanyaan penting dari ibu hamil pada dokter


Mengajukan beberapa pertanyaan pada dokter atau bidan saat berkonsultasi adalah hal biasa. Apalagi itu demi menjaga kesehatan kehamilan sang ibu ataupun bayi yang ada dalam kandungan. Namun kadang-kadang saat bertemu mereka di ruang konsultasi, yang diutarakan hanya sebatas keluhan atau apa yang dirasakan saja. Padahal ada pula hal lain yang perlu ditanyakan seiring semakin dekatnya saat persalinan.

Inilah 7 hal yang perlu diajukan atau ditanyakan oleh ibu hamil pada saat ia berkonsultasi ke dokter atau bidan :

1. Apa fasilitas yang tersedia berdasarkan hak dan kewenangan Anda disini ?

Pastikan Anda menanyakan hal ini sebelum Anda memilih dokter atau bidan tertentu untuk membantu persalinan bayi Anda.

2. Tes atau prosedur apa saja yang biasanya Anda sarankan selama masa kehamilan ?

Setiap dokter mungkin memiliki saran yang sedikit berbeda dalam hal tes tertentu, tergantung kondisi pasien. Anda berhak mengetahui dan dokter atau bidan perlu untuk menjelaskannya secara menyeluruh.

3. Apa buku tentang kehamilan yang Anda rekomendasikan untuk saya baca ?

Apapun buku yang mereka rekomendasikan, kami menyarankan Anda untuk membaca buku ini : klik disini, karena banyak yang menyukai buku tersebut dan menyatakan bahwa buku tersebut sangat membantu dalam menjaga kehamilan mereka.

4. Apa yang Anda sarankan jika saya mengalami rasa nyeri atau sakit yang normal karena kehamilan ?

Saran dokter tentang hal ini diperlukan karena selama masa kehamilan atau mengandung, banyak ketidaknyamanan yang umum dirasakan oleh ibu hamil, dan sebagian ketidaknyamanan itu bisa reda tanpa obat.

5. Siapa saja asisten atau pembantu Anda ? Kapan saya bisa menemui mereka ? Apakah saya bisa menemui mereka sebelum kelahiran ?

Dengan mengetahui mereka jauh sebelum kelahiran akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Jangan ragu untuk menemui mereka sekalipun hanya untuk menyapa “Hallo, atau Selamat pagi”, misalnya.

6. Apakah Anda merekomendasikan kelas kelahiran tertentu untuk persalinan bayi saya ?

Ada beberapa pilihan kelas melahirkan saat seorang ibu hendak melahirkan bayinya di rumah sakit. Apakah Anda akan memilih kelas seperti yang dipilih keluarga atau kerabat Anda, ataukah kelas yang disarankan rumah sakit.

7. Apakah Anda biasa melakukan bedah sesar dalam persalinan ataukah menunggu untuk melihat apakah hal itu diperlukan ?

Bedah sesar dalam persalinan bukan sebuah keharusan, tergantung kondisi pasien. Tapi, mendapatkan persetujuan pasien adalah sebuah keharusan dalam setiap bedah yang diusulkan.

Jangan ragu untuk menanyakan segala sesuatu yang masih ada kaitannya dengan kehamilan atau persalinan. Dokter atau bidan yang bijak pasti akan memberikan keterangan yang dibutuhkan pasien. 7 pertanyaan diatas mungkin terlalu sedikit dibandingkan dengan kompleksitas yang di alami ibu hamil ataupun ibu yang hendak melahirkan.

Ada yang ingin menambahkan ?

Cara Cepat Hamil

1 Response to "7 Pertanyaan Yang Perlu Diajukan Ibu Hamil Pada Dokter"

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Semua komentar dimoderasi,