Fetal Doppler Alat Untuk Mendengarkan Detak Jantung Bayi

fetal doppler alat untuk mendengarkan detak jantung bayi

Hi Bebe BT-200 LCD Fetal Doppler untuk mendengarkan detak jantung bayi


Kehamilan bagi seorang calon ibu (dan juga calon ayah) merupakan karunia Tuhan yang perlu disyukuri. Karunia tersebut sekaligus juga menghadirkan kegembiraan dan kebahagiaan di tengah keluarga tersebut.

Saking gembira dan bahagianya, tidak jarang memunculkan rasa penasaran ingin mengetahui perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Sebuah perasaan yang sesungguhnya wajar. Misalnya, calon ibu atau calon ayah ingin mengetahui tentang detak jantung bayi. Bagaimanakah sesungguhnya bunyi detak organ penting buah hatinya itu, serta bagaimana pula caranya agar dapat mendengarkan detak jantung bayi yang masih dalam kandungan tersebut.

Pada artikel sebelumnya (baca : Cara mendengarkan detak jantung bayi saat hamil), dijelaskan sekilas tentang beberapa cara yang biasa dilakukan pasangan suami-istri untuk bisa mendengar detak jantung janin yang masih dalam kandungan. Yaitu dengan menggunakan stethoscope, pinnard horn, fetoscope, dan fetal Doppler. Yang dianggap paling akurat dan modern dari ke-empat alat tersebut adalah dengan menggunakan Fetal Doppler, yaitu sebuah alat yang khusus diciptakan untuk keperluan mendengarkan denyut jantung bayi saat masih dalam kandungan.

Fetal Doppler merupakan perangkat genggam portable yang memungkinkan ibu hamil dapat mendengarkan detak jantung bayi, setelah usia kehamilannya mencapai 10 minggu atau lebih. Alat portable ini sudah menggunakan teknologi ultrasound dalam mendeteksi bunyi detak jantung bayi. Salah satu contoh fetal Doppler yang populer adalah Hi Bebe BT-200 LCD Fetal Doppler. Alat ini dilengkapi dengan layar LCD, dan kita dapat melihat dan mendengarkan bunyi detak jantung si buah hati.

Cara menggunakan fetal Doppler 


Pertama-tama mintalah bantuan untuk ditemani pasangan atau teman agar dapat menggunakan fetal Doppler dengan benar.

Berbaringlah terlentang. Setelah Anda telentang, tekuk lutut Anda sehingga telapak kaki Anda lurus dengan alas / kasur. Posisi ini dapat mengurangi ketegangan pada otot perut. Perlu diketahui jika otot perut tegang maka dapat menghambat perjalanan gelombang suara.

Cara menggunakan fetal Doppler cukup mudah yaitu dengan menempelkannya pada perut ibu hamil yang sudah diolesi gel khusus. Ketika perut diolesi dengan gel, perut akan terasa dingin. Gel khusus ini sudah tersedia dalam kotak kemasan pada saat pembelian.

Pindah-pindahkan posisi transduser diatas area gel sampai mendapatkan posisi terbaik untuk mendengarkan detak jantung. Transduser harus tegak lurus terhadap perut.

Hitunglah jumlah detak jantung bayi dalam satu menit. Kisaran normal jumlah detak jantung bayi adalah antara 110 sampai 160 per menit.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang fetal doppler beserta harganya SILAKAN KLIK DISINI.

Itulah cara mendengarkan detak jantung bayi yang masih ada dalam kandungan. Meski fetal Doppler diklaim aman untuk digunakan di rumah, untuk menggunakan alat ini sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter langganan Anda.

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Fetal Doppler Alat Untuk Mendengarkan Detak Jantung Bayi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Semua komentar dimoderasi,