9 Tips Meningkatkan Kesuburan - Fertilitas

Tingkat kesuburan atau fertilitas dan terjadinya kehamilan

Apakah Anda dan pasangan sedang berencana untuk hamil dan memiliki momongan pada tahun ini ? Jika benar demikian, maka salah satu yang perlu di lakukan adalah meningkatkan kesuburan (fertility) terlebih dahulu. Karena fertilitas yang meningkat akan mempermudah proses pembuahan dan terjadinya kehamilan.  

makanan untuk kesuburan

Berikut adalah 9 tips meningkatkan kesuburan yang kami release dari marieclaire.co.uk.

1.    Minum madu. Madu telah lama dianggap berkhasiat sebagai makanan untuk meningkatkan fertilitas pasangan suami-istri. Istilah “bulan madu” atau honeymoon yang kita kenal sekarang, berasal dari ritual pengantin baru yang meminum sesendok madu setiap malam untuk mempercepat proses pembuahan. Kandungan utama madu adalah pollen yang juga dianggap dapat memperbaiki kehidupan seksual seseorang.

2.    Berjemur pagi hari. Vitamin D sangat bagus untuk meningkatkan fertilitas. Cara paling mudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari. Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D yang dapat membantu wanita yang memiliki masalah kesuburan. Sinar matahari bisa kita peroleh secara gratis. Jika sinar matahari susah didapat, maka makanan seperti ikan atau telur dapat dikonsumsi sebagai sumber vitamin D.   

3.    Makanan organik. Untuk memperoleh makanan terbaik yang kita butuhkan, kadang kala kita perlu mengeluarkan sedikit uang tambahan. Salah satunya adalah untuk membeli makanan organik, yaitu jenis makanan yang tumbuh dan berkembang secara alami tanpa suntikan hormone atau bahan kimia tambahan. Harga makanan organik lebih mahal dari makanan non organik, walaupun begitu jenis makanan organik sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Pada sisi lain, makanan yang non-organik, seperti daging hewan misalnya, sering mendapatkan suntikan hormone agar hewan tersebut tumbuh lebih cepat, demikian pula buah dan sayuran sering diberi tambahan pupuk kimia tertentu, yang pada akhirnya berakibat buruk pada tingkat kesuburan.

4.    Berhenti minum minuman keras. Untuk memudahkan proses terjadinya kehamilan, maka tubuh perlu berada pada kondisi yang optimal serta terbebas dari segala jenis racun, termasuk yang berasal dari alkohol. Jika Anda sering merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol, maka sekarang Anda punya alasan tepat dan motivasi yang kuat untuk menghentikannya.  

5.    Berat badan yang ideal. Berat badan yang kurang maupun berat badan yang berlebih, keduanya dapat mempengaruhi fertilitas. Tidak masalah apakan Anda bermaksud menambah berat badan ataupun menurunkan berat badan, yang jelas harus tetap mengkonsumsi makanan yang sehat. Melanggar aturan makan maupun makan pesta pora sangat tidak dianjurkan. Konsultasikan dengan Dokter Anda soal bagaimana cara agar berat badan turun atau agar berat badan naik.   

6.    Olahraga ringan. Olahraga yang ringan serta tidak berlebihan dapat membantu menambah kesuburan. Berolahraga berarti membakar lemak dalam tubuh sekaligus menurunkan tingkat estrogen. Jika estrogen terlalu tinggi dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Olahraga yang ditujukan untuk meningkatkan fertilitas harus bersifat low impact. Silakan baca : Olahraga yang dianjurkan agar cepat hamil.  

7.    Berlibur. Rehat sejenak dari semua kesibukan, pergilah berlibur. Pada kenyataannya banyak pasangan yang jadi hamil begitu mereka pulang dari liburan. Apakah hal itu disebabkan oleh hilangnya stress selama liburan ataukah karena “porsi seksual” yang ekstra, atau kedua-duanya, yang jelas menjauhkan diri dari rutinitas tampaknya sangat membantu.

8.    Akupunktur. Bagi pasangan yang tengah menjalani in vitro fertilization (IVF), akupunktur telah ditemukan meningkatkan peluang untuk terjadinya pembuahan. Selain itu akupunktur juga dapat membantu pasangan yang ingin hamil secara alami. Bagi mereka yang sedang stress, akupunktur merupakan pereda stress yang baik.

9.    Mengurangi minuman berkafein. Mungkin Anda sulit untuk menghentikan kebiasaan minum kopi. Namun faktanya mengurangi minuman berkafein berpengaruh positif bagi tingkat kesuburan seseorang. Jadi jika Anda ingin menambah tingkat kesuburan, seharusnya Anda mampu untuk, minimal mengurangi porsi minuman berkafein.

Itulah tips singkat untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas. Semoga sukses !       


Cara Cepat Hamil

0 Response to "9 Tips Meningkatkan Kesuburan - Fertilitas "