Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

Gejala awal kehamilan tidak selalu sama

Apakah setiap wanita memiliki tanda atau gejala awal kehamilan yang selalu sama ? Jawabnya tidak. Tanda awal kehamilan bisa berbeda dari wanita yang satu ke wanita yang lain. Bahkan pada wanita yang sama, symptom atau gejalanya bisa berbeda antara kehamilan yang satu dengan kehamilan berikutya.  

gejala awal kehamilan minggu pertama

Pada sisi lain gejala awal kehamilan minggu pertama seringkali mirip dengan tanda-tanda sebelum atau pada saat menstruasi, sehingga banyak wanita yang tidak mengetahui atau menyadarinya. Sampai dengan saat ini satu-satunya cara yang paling akurat untuk mengetahui kehamilan seorang wanita adalah dengan melakukan test kehamilan.

Meskipun demikian ada beberapa gejala yang sifatnya umum (symptomatic) dan sering ditemukan pada awal kehamilan di minggu pertama. Walaupun tidak 100% akurat, namun jika anda mengalami beberapa gejala berikut ini, mungkin itu per tanda bahwa anda sudah memasuki awal kehamilan.

1.    Spotting dan cramping. Spotting adalah keluarnya bercak darah karena proses implantasi. Biasanya terjadi pada 6 – 12 hari setelah sel telur dibuahi. Setelah dibuahi sel telur akan menempel pada dinding rahim dan menyebabkan sedikit pendarahan (implantation bleeding). Tidak jarang implantation bleeding ini disertai dengan kram perut.

Cramping atau kram perut. Kram perut terjadi karena rahim merasakan “sesuatu” yang asing menempel di dindingnya. Tanda awal kehamilan berupa kram perut mirip dengan kram pada saat menstruai. Karena mirip, maka banyak wanita salah sangka bahwa pendarahan dan kram perut tersebut adalah awal periode menstruai mereka. 

2.    Breast changes atau perubahan bentuk payudara. Perubahan pada bentuk payudara juga merupakan salah satu gejala awal kehamilan pada minggu pertama. Setelah pembuahan kadar hormone seorang wanita berubah drastis. Perubahan yang terjadi menyebabkan payudara jadi bengkak, terasa sakit, lebih lembut, dan terasa penuh. Selain itu puting susu makin tegak dan daerah sekitar puting yang disebut areola warnanya semakin gelap. Selain itu guratan warna biru dibawah kulit kadang terlihat makin jelas.

3.    Fatigue atau merasa kelelahan. Merasa kelelahan pada dasarnya bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penurunan tekanan darah, penurunan gula darah, beraktifitas dan lain-lain. Merasa kelelahan pada awal kehamilan adalah sesuatu yang normal atau umum terjadi. Biasanya wanita merasa sangat lelah pada minggu pertama kehamilan.

Apabila betul bahwa kelelahan yang dialami seorang wanita itu karena ia hamil, maka yang perlu dilakukan adalah segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan yang benar, apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari agar kehamilannya sehat.

4.    Nausea atau mual-mual. Perasaan mual karena bau tertentu merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang paling dikenal, namun tidak semua wanita mengalaminya. Rasa mual ini sering disebut dengan istilah “morning sickness”, walaupun pada dasarnya perasaan mual itu bisa datang kapan saja. Pagi, siang, sore atau malam hari. Rasa mual biasanya karena mereka tidak tahan dengan bau-bauan tertentu seperti asap rokok atau bau kopi, bahkan terhadap bau makanan yang biasanya mereka suka seperti telur. Secara umum wanita yang sedang dalam masa awal kehamilan biasanya lebih sensitif terhadap aroma dan bau masakan.    

5.    Food craving atau ngidam makanan tertentu. Ini merupakan kebalikan dari gejala nausea atau mual-mual. Wanita hamil muda sering menginginkan makanan tertentu yang sebelumnya tidak mereka suka, misalnya buah mangga yang belum matang.

Yang penting, dalam menyikapi perubahan selera terhadap makanan ini adalah, pastikan calon ibu makan makanan yang sehat sehingga kebutuhan nutrisi bagi dirinya dan bayi yang dikandungnya terpenuhi. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

6.    Berhenti menstruasi. Berhentinya menstruasi merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling pasti, walaupun berhenti menstruasi tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Penyebab berhenti menstruasi yang lain misalnya turunnya berat badan yang drastis, masalah hormonal, stress, menopause dll. 

Gejala awal kehamilan lainnya

Walaupun intensitasnya tidak seperti gejala diatas namun wanita sering mengalami gejala kehamilan yang lain seperti berikut ini : sering buang air kecil, susah buang air besar (BAB), emosi dan perasaan yang berubah-ubah (mood swings), sakit kepala, pusing dan lain-lain. Ada wanita yang mengalami banyak gejala awal kehamilan, ada pula yang mengalaminya hanya beberapa saja.

Awal kehamilan merupakan periode yang paling krusial dalam rentang kehamilan seorang wanita. Gangguan kehamilan seperti keguguran kandungan banyak terjadi pada periode ini. Oleh karena itu harus benar-benar dijaga agar kehamilannya tetap sehat. Jika gejala atau tanda awal kehamilan itu dirasa menggangu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter terdekat.


Cara Cepat Hamil

0 Response to "Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama"