Tips Wedding Invitation Murah dan Berkelas !

Cerdas menghemat uang dalam undangan pernikahan

Biaya pernikahan bisa sangat mahal tapi juga bisa lebih murah karena pintar berhemat. Salah satu item yang dapat dihemat dalam hal ini adalah wedding invitation atau undangan pernikahan. Jika Anda sekarang ini sedang merencanakan pernikahan, anggaran untuk wedding card yang semula mahal karena biaya desain undangan yang eksklusif, amplop model ukir dan berkaligrafi, atau percetakan letterpress, semuanya mungkin bisa dikoreksi ulang agar lebih murah.

wedding invitation murah

Jangan takut, Anda tidak akan membuat undangan pernikahan dalam kertas tipis atau cetakan yang kabur hanya untuk menghemat sekian ribu rupiah. Tips berikut ini mencoba memberi alternatif menyiapkan atau membuat undangan perkawinan yang murah tapi berkelas. Anda dan pasangan sebagai calon pengantin akan tetap pede mengirimkannya kepada para undangan.

1.    Lihat toko sekitarnya. Toko alat pesta dan stationery adalah tempat yang ideal untuk melihat-lihat contoh desain wedding invitation beserta harganya. Namun diluar keduanya masih ada yang lain misalnya toko peralatan kantor, catalog mail order yang sering dikirim langsung ke konsumen, serta toko online. Tempat-tempat tersebut sering menawarkan barang yang sama atau mirip tapi dengan harga lebih murah. Untuk memastikan kualitas kertas dan kualitas cetakan, jangan lupa pesan sampel dari barang yang ditawarkan.

2.    Teknik cetak berbeda. Undangan pernikahan dengan banyak ornamen ukiran tentu saja indah, tapi itu membuat biaya semakin mahal. Coba pertimbangkan membuat kartu undangan dengan teknik thermography yang akan meningkatkan tampilan dan citra, namun dengan biaya lebih murah. Untuk gaya pernikahan yang casual atau santai, Anda bisa mencoba cetak laser seperti yang digunakan untuk cetak majalah atau kartu pos.

3.    Hindari detail yang rumit. Desain wedding invitation yang rumit dengan penutup khusus, kertas berlapis-lapis serta hiasan lain tentu saja populer, tapi detail rumit seperti itu akan banyak menelan biaya tambahan. Misalnya biaya lembur karyawan selama pembuatan, biaya pengiriman atau biaya pos dan lain-lain. Kenapa tidak mempertimbangkan membuat undangan yang simple tapi dicetak dengan kertas berkualitas tinggi ? Pasti lebih murah namun tetap berkelas !

4.    Beli system paket. Undangan pekawinan yang lebih personal biasanya banyak disuka, tapi juga tidak murah. Jika anggaran Anda terbatas, coba cari perusahaan atau toko yang sedang menawarkan diskon. Memesan wedding invitation dalam satu paket biasanya lebih murah daripada membeli bagian per bagian dalam unit terpisah.

5.    Koreksi cetakan percobaan. Konsep undangan pernikahan yang sudah dibuat coba minta versi cetaknya. Koreksi langsung jika ada kekurangan atau Anda kurang puas. Pastikan juga semua data pernikahan dan penulisannya sudah sesuai, seperti nama, tanggal, tempat, waktu pelaksanaan dan tidak ada salah cetak. 

6.    Gunakan bentuk dan ukuran standard. Masing-masing percetakan pasti sudah punya standard ukuran dan bentuk yang paling ekonomis. Perubahan ukuran dan bentuk akan berpengaruh pada meningkatnya bahan baku dan biaya. Demikian pula penambahan lain yang sifatnya dekoratif seperti pita, huruf timbul, dan lain-lain. Meski bentuk dan ukuran standard namun jika menggunakan bahan baku yang berkualitas, maka wedding card kebanggaan Anda tetap bagus dan berkelas. 

7.    Siapkan wedding invitation cadangan. Meskipun kita sudah membuat daftar undangan dengan teliti, namun biasanya ada saja yang terlewatkan. Mendekati hari H kita baru ingat bahwa beberapa teman dan kerabat belum diundang. Dengan adanya cadangan kartu undangan kita bisa menghemat banyak uang dari pada kembali mencetak ulang dari awal dalam waktu yang sempit. 

8.    Siapkan undangan pernikahan format digital, lalu upload via akun jejaring sosial seperti Facebook. Sertakan sedikit pengantar yang menyatakan bahwa format digital ini dimaksudkan sebagai antisipasi seandainya undangan dalam bentuk hard copy belum sampai ke tangan mereka karena hambatan dalam proses pengiriman. Sampaikan pula permohonan maaf seandainya hambatan dalam proses pengiriman itu benar-benar terjadi sehingga mengalami keterlambatan.

Itulah beberapa tips seputar wedding invitation yang lebih murah dan berkelas, tetap sopan dan tetap elegan. Jika Anda punya tips yang lain, silakan berbagi kepada kami.

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Tips Wedding Invitation Murah dan Berkelas !"