Pertimbangan Sebelum Menyewa Jasa Wedding Organizer

Menggunakan jasa wedding organizer tidak selamanya bagus

Peranan wedding organizer (WO) dalam mengatur rangkaian acara pernikahan sudah tidak diragukan lagi. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menyewa jasa wedding organizer demi kelancaran seluruh acara. Dengan modal network yang kuat serta pengalaman yang luas membuat para perencana pernikahan tersebut lebih antisipatif dan memiliki solusi alternatif lebih baik jika ditengah jalan ada hambatan acara yang sifatnya situasional.      

jasa wedding organizer

Namun demikian, menyewa jasa wedding organizer untuk sebuah pesta pernikahan tidak selamanya bagus. Dalam situasi dan kondisi tertentu, gagasan untuk menggunakan organizer pernikahan malahan mungkin merupakan sebuah ide buruk. Berikut beberapa pertimbangan situasi dan kondisi yang boleh jadi tidak mendukung untuk menyewa wedding organizer.

1.    Anggaran tidak tersedia. Biaya untuk menyewa wedding organizer kadang tidak murah, budgetnya bisa mencapai 15% dari seluruh anggaran pernikahan. Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk menggunakan para perencana pernikahan professional, maka yang terbaik adalah menyelenggarakan pernikahan secara sederhana. Anda sendirilah yang akan mengatur semua perencanaan dengan dibantu teman atau kerabat dalam pelaksanaan. 

Pernikahan merupakan momentum yang penting dalam kehidupan seseorang, jangan sampai momentum itu terhambat karena ketiadaan para professional di bidang pernikahan. Sebuah pernikahan masih tetap bisa dilaksanakan dengan indah walau dalam kesederhanaan. 

2.    Tipe orang cekatan dan pintar me-manage. Jika Anda adalah tipe orang yang cekatan, teliti serta bisa me-manage orang-orang disekitarnya, maka Anda mungkin tidak perlu menyewa WO. Tidak ada ruginya merencanakan sendiri segala keperluan pernikahan Anda itu. Selain akan menghemat banyak uang, juga Anda bisa mendapatkan sebuah pernikahan yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

3.    Organizer tidak berpengalaman. Memilih wedding organizer sebaiknya yang berpengalaman. Para perencana pernikahan yang tidak berpengalaman dan tidak professional hanya akan menambah pusing pasangan yang mau menikah. Pernikahan merupakan peristiwa yang sangat spesial, tidak seharusnya Anda mempercayakan hal itu pada pihak yang tidak diketahui track record-nya. Wedding organizer yang berpengalaman selalu memiliki rekam jejak yang jelas. Tentang bagaimana memilih wedding organizer yang bagus dan berpengalaman, silakan baca artikel ini.

4.    Hubungan kerjasama yang buruk. Kadang-kadang apa yang sudah direncanakan tidak bisa berjalan dengan mulus, termasuk ketika berencana menggunakan jasa wedding organizer. Jika Anda memiliki keraguan tentang WO tersebut sehingga kemudian tidak menyukainya maka membatalkan rencana kerjasama itu mungkin lebih baik. WO memiliki peran yang sentral dalam keberhasilan sebuah acara pernikahan. Anda tidak akan meraih keberhasilan itu jika berlandaskan pada kerjasama yang buruk antara Anda dan mereka. 

5.    Belum siap menikah. Beberapa pasangan mungkin mengoreksi ulang rencana pernikahan mereka karena alasan belum siap. Jika demikian maka lebih baik mundur selangkah dan menilai ulang dimana posisi sebenarnya hubungan antara Anda dengan pasangan. Apakah Anda berdua sudah benar-benar mantap melangkah ke jenjang lebih jauh ataukah masih ada keraguan. Jangan dulu menghubungi wedding organizer sebelum Anda berdua yakin dan kompak akan menjalaninya.   

Ciri atau tanda wedding organizer yang baik 

Selain beberapa pertimbangan diatas, sebelum menyewa jasa wedding organizer, Anda wajib mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda wedding organizer yang baik. Berikut diantaranya :

1.    Terorganisir (well organized). Wedding organizer yang baik harus memiliki managemen waktu dan keterampilan multi-tasking yang sangat baik. Mereka harus mampu menangani beberapa pernikahan yang berbeda, dan mampu menjaga rincian masing-masing pernikahan itu untuk menghindari kebingungan. Dengan kata lain mampu mengorganisir dan menepati semua dokumen dan kontrak penting dengan kliennya tepat waktu. Idealnya sebuah perkawinan memang dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, namun kadang ada saatnya perkawinan dipersiapkan dalam waktu yang singkat.    

2.    Berpengetahuan luas (knowledgeable). Wedding organizer yang baik harus punya minat - gairah (passion) tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan perkawinan. Ia harus memiliki pengetahuan yang luas mulai dari proses pertunangan hingga bulan madu misalnya, serta semua rangkaian peristiwa diantara keduanya. Organizer bidang pernikahan juga harus mengetahui semua vendor di wilayahnya dan menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan kliennya. Selain itu ia harus memahami aturan dan tradisi perkawinan dari berbagai keyakinan seperti Islam, Kristen, tradisi pernikahan adat tertentu maupun tradisi pernikahan secara militer.  

3.    Keterampilan interpersonal (interpersonal skills). Wedding organizer harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan mampu berinteraksi dengan berbagai kalangan. Mereka harus ramah, supel, dan bisa bekerja dibawah tekanan. Mampu menenangkan stress dan kegelisahan calon pengantin. Selain itu mampu menjalin komunikasi dan bernegosiasi dengan vendor pernikahan.

Itulah beberapa pertimbangan penting sebelum memutuskan menyewa wedding organizer. Jangan terburu-buru menggunakan jasa mereka sebelum meluangkan waktu dan merenungkan keuntungan dan kerugian menyewa para professional di bidang pernikahan itu.

Menggunakan jasa wedding organizer memang banyak manfaatnya, namun itu semua tidak gratis. Jika situasi dan kondisi Anda tidak memungkinkan untuk menyewa jasa mereka, maka Anda masih tetap punya kesempatan untuk melaksanakan sebuah pernikahan yang indah dan berkesan, walaupun dalam kesederhanaan.  

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Pertimbangan Sebelum Menyewa Jasa Wedding Organizer "