Memilih Wedding Organizer Yang Berpengalaman !

Memilih wedding organizer berpengalaman 

Di masa lalu, saat kakek dan nenek kita masih hidup, untuk mempersiapkan pernikahan prosesnya cukup simpel, yaitu hanya melibatkan keluarga dekat. Sekarang situasinya tidak seperti itu, apalagi jika tinggal di kota besar dan jauh dari sanak-saudara. Mungkin kita masih bisa melibatkan mereka semua, tapi pastinya dalam porsi yang berbeda.

wedding organizer yang bagus

Sekarang ini pernikahan lebih banyak melibatkan jasa wedding organizer atau wedding planner. Bukan karena saudara dan famili tidak mau membantu, tapi karena kondisi sekarang memang berbeda dengan masa lalu. Pernikahan adalah peristiwa penting yang menyangkut banyak pihak dan banyak orang. Jika pernikahan sekarang dilaksanakan seperti cara jaman kakek-nenek dulu pasti sangat merepotkan. Kita bisa stress dibuatnya.

Sebaliknya pernikahan dengan menggunakan jasa wedding planner akan lebih tertata rapi dan terorganisir. Itu karena mereka sudah memiliki teamwork yang berpengalaman, mengenal satu dengan yang lain dan terbiasa mengelola event pernikahan atau perkawinan. Tentu menggunakan jasa mereka tidak gratis, melainkan ada harga yang harus kita bayarkan. Tapi jika kita bisa memilih wedding organizer yang berpengalaman dan punya reputasi bagus, maka apa yang telah kita bayarkan akan mendapatkan layanan yang sepadan dari mereka.        

Pengelola jasa wedding package di kota-kota besar jumlahnya cukup banyak. Mereka menawarkan bermacam-macam paket pernikahan dengan harga bervariasi. Tidak banyak dari kita yang mengenal orang-orang yang mengelola paket wedding tersebut. sebagian kecil diantaranya mungkin kita kenal, tapi sebagian besar yang lain tidak kita kenal. Jika kita tidak cermat, kita bisa salah memilih mereka. Bagaimana cara memilih wedding organizer yang baik dan berpengalaman agar kita tidak salah pilih ? Berikut ini adalah 8 cara untuk memilih mereka, diantaranya :

1.    Buat daftar nama wedding organizer di kota Anda dan cari tahu paket pernikahan apa saja yang mereka tawarkan. Nama-nama organizer bisa bersumber dari testimony kerabat atau sahabat, bisa juga dengan mengunjungi website resmi mereka. Cari informasi yang memadai tentang profil dan dokumentasi organizer tersebut.

2.    Buat daftar apa saja bantuan yang Anda perlukan. Apakah Anda memerlukan bantuan mereka pada hari H-nya saja ataukah untuk seluruh rangkaian pernikahan. Wedding organizer yang berpengalaman akan memberikan pertimbangan dalam hal misalnya : anggaran pernikahan, pemilihan gedung, pemilihan menu dan catering pernikahan, seleksi bunga, dekorasi pelaminan, pemilihan vendor untuk pernak-pernik pernikahan lain, koordinasi dengan pihak hotel (misalnya booking kamar untuk tamu luar kota), desain undangan, manajemen tamu, pengaturan tempat duduk, manajemen transportasi, dan lain-lain.

3.    Tetapkan anggaran pernikahan. Cari tahu paket pernikahan seperti apa yang ditawarkan oleh pihak organizer untuk anggaran yang Anda miliki. Organizer yang punya pengalaman akan mampu bekerja dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Sekedar tambahan, banyak penyedia jasa wedding package yang menawarkan paket murah yang lebih terjangkau untuk Anda.  

4.    Persempit daftar nama yang sudah dibuat menjadi 5 wedding organizer yang menurut Anda paling qualified. Hubungi mereka via telpon untuk bertanya langsung soal paket pernikahan mereka beserta harganya.    

5.    Siapkan daftar pertanyaan untuk sebuah wawancara singkat. Pertanyaan bisa seputar sudah berapa lama mereka mengelola paket pernikahan, konsep pernikahan seperti apa yang sudah mereka kelola, penghargaan yang dimiliki, dukungan dari vendor pernak-pernik, dokumentasi foto dan video, dan lain-lain. Semakin jeli pertanyaan Anda semakin bagus.

6.    Buat janji pertemuan dengan tiga organizer dan temui mereka secara terpisah dikantornya atau di tempat lain yang disetujui. Inti dari pertemuan adalah untuk memperoleh perbandingan yang lengkap tentang harga dan paket wedding yang ditawarkan.

7.    Persempit lagi pilihan Anda menjadi hanya dua wedding organizer yang paling bagus. Jika masih ada pertanyaan lain cukup disampaikan via telpon atau email.

8.    Setelah keputusan diambil, beritahukan keputusan Anda pada organizer yang terpilih dan katakan bahwa Anda siap bertemu untuk menandatangani kontrak. Demikian pula beritahukan pada organizer yang tidak terpilih tentang keputusan Anda dan katakan pula alasan kenapa Anda tidak memilih mereka.

Memilih organizer yang berpengalaman

Pernikahan merupakan event yang melibatkan banyak orang, banyak pihak dan banyak kepentingan. Event penting seperti pernikahan perlu dikelola oleh orang-orang yang cekatan dan berpengalaman. Karena tidak jarang ditengah rangkaian acara terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan berpotensi mengganggu kelancaran acara. Seperti karena faktor cuaca, faktor keamanan. kondisi jalanan menuju tempat pernikahan, petugas yang berhalangan mendadak, tamu yang membludak. serta faktor darurat yang lain.

Wedding organizer yang berpengalaman pasti memiliki banyak solusi alternatif untuk mengatasi kejadian darurat seperti itu. WO adalah badan usaha yang bergerak di bidang jasa, seperti halnya bank. Dan perusahaan jasa akan selalu mengandalkan reputasi dan kepercayaan publik. Jika ada hal yang tidak terduga maka WO sudah punya langkah untuk mengantisipasinya agar acara tetap berjalan dengan lancar. Dengan begitu mereka bisa mempertahankan reputasi yang sudah dimilikinya agar tidak jatuh. 

Tentu saja tidak ada pasangan pengantin yang menginginkan hal buruk terjadi. Tapi mempersiapkan diri dari hal-hal seperti itu tidak ada salahnya. Memilih wedding organizer yang punya track record yang bagus serta berpengalaman adalah pilihan yang bijak. Sehingga semua acara berjalan sesuai rencana meskipun mungkin ada sedikit gangguan.

Memilih wedding organizer yang bagus pada dasarnya adalah memilih orang-orang berpengalaman yang mau mengerti apa yang Anda inginkan pada hari pernikahan nanti. Karena itu pilihlah sebuah tim organizer yang siap bekerja sama dengan Anda dan berkomitmen untuk menujudkan semua impian Anda di hari yang istimewa itu. Semoga Anda tidak salah dalam memilih.

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Memilih Wedding Organizer Yang Berpengalaman ! "