Faktor Pertimbangan Memilih Tanggal Pernikahan

Faktor-faktor dalam memilih tanggal pernikahan

Memilih tanggal pernikahan merupakan salah satu keputusan yang paling penting bagi pasangan yang mau melangsungkan pernikahan atau perkawinan. Dalam masyarakat kita, tanggal pernikahan biasanya dimusyawarahkan antara keluarga besar kedua mempelai. Calon pengantin biasanya tinggal mengikuti waktu pernikahan yang telah disepakati oleh dua keluarga besar itu.

memilih tanggal pernikahan

Namun demikian dalam masyarakat yang semakin maju dan modern, calon pengantin tidak lagi sekedar menerima apa yang telah disepakati, melainkan juga berperan cukup besar dalam menentukan tanggal pernikahan. Tidak jarang malahan calon pengantin sendiri yang memilih tanggal pernikahan mereka, dan keluarga besar tinggal menyetujui dan mendukung pilihan calon mempelainya.

Setiap pasangan pengantin pasti memiliki preferensi berbeda-beda mengenai tanggal pernikahan yang terbaik. Jika pada jaman dulu mungkin kakek-nenek kita memilih tanggal perkawinan berdasarkan perhitungan Feng Sui, Primbon Jawa, atau kalender astrologi lainnya. Maka pasangan jaman sekarang banyak yang memilih tanggal special itu berdasarkan alasan kepraktisan atau alasan simbolik.

Jika Anda calon pengantin berniat menentukan sendiri tanggal istimewa itu, maka beberapa faktor berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tanggal pernikahan tersebut. 

1.    Faktor cuaca. Demi kenyamanan Anda serta tamu undangan, faktor cuaca wajib menjadi pertimbangan utama dalam memilih tanggal pernikahan. Jika Anda tinggal di wilayah yang rawan banjir, maka jangan memilih tanggal perkawinan pada musim penghujan. Mungkin tempat Anda menikah tidak kebanjiran, namun boleh jadi akses para tamu undangan menuju tempat Anda terganggu oleh banjir di suatu tempat.

2.    Faktor harga atau biaya. Anggaran mau tidak mau harus jadi bahan pertimbangan selanjutnya. Ada waktu-waktu tertentu yang menjadi favorit pasangan yang mau menikah. Misalnya pada tanggal cantik 10-10-10, atau 11-11-11, dan 12-12-12 (sekedar contoh). Pada saat itu harga sewa gedung pernikahan, wedding organizer dan harga paket pernikahan lainnya lebih mahal dibandingkan hari biasa.  

3.    Faktor liburan. Keuntungan memilih tanggal pernikahan saat liburan adalah para kerabat dan tamu undangan yang ada diluar kota bisa datang menghadiri pernikahan Anda. Sisi buruknya jika mereka sudah memiliki jadwal liburan sendiri dan tidak ingin jadwalnya terganggu, sehingga tidak bisa hadir. Pertimbangkan sebaik-baiknya mengenai hal ini.

4.    Faktor pekerjaan. Jika Anda atau pasangan bekerja pada perusahaan tertentu atau orang lain, maka konsultasikan rencana pernikahan Anda dengan atasan. Selain untuk menentukan waktu cuti berkaitan dengan pernikahan itu, juga untuk mendelegasikan sementara semua pekerjaan selama Anda libur.

5.    Faktor simbolik. Tak ada salahnya memilih tanggal pernikahan yang memiliki arti simbolik bagi Anda dan pasangan. Karena itu akan membuat pernikahan Anda lebih indah untuk dikenang. Misalnya alangkah indahnya menikah pada tanggal dimana Anda berdua pertama kali bertemu, atau pertama kali jadian, pada ulang tahun kelahiran, pada tanggal cantik, pada malam pergantian tahun dan lain-lain.

Itulah beberapa pertimbangan dalam memilih tanggal pernikahan. Jika Anda punya pertimbangan yang lain, silakan menambahkan.

Cara Cepat Hamil

0 Response to "Faktor Pertimbangan Memilih Tanggal Pernikahan"