Tips Memilih Cincin Kawin Bagi Calon Pengantin



tips memilih cincin kawin

Memilih Cincin Kawin Untuk Calon Pengantin

Menjelang pernikahan, banyak calon pengantin yang bingung dalam memilih cincin kawin atau cincin pernikahan. Hmm … maklum saja, pernikahan adalah peristiwa sakral yang berlangsung hanya sekali seumur hidup. Para calon pengantin tentu ingin melewati saat-saat istimewa itu dengan kesan spesial, termasuk dalam hal cincin kawin.  

Sebenarnya seberapa penting sih arti cincin tersebut bagi para calon pengantin ? Jawabannya cukup penting. Cincin kawin adalah tanda atau simbol kesetiaan dan keabadian cinta diantara mereka, sejak detik pertama pernikahan sampai maut memisahkan.  

Bayangkan, dari sebuah perhelatan pernikahan yang menelan banyak tenaga dan biaya, mungkin hanya dua benda kecil milik pengantin yang menjadi “saksi pernikahan” dan sering “diperlihatkan pada publik”. Satu buku nikah, dan kedua cincin kawin. Benda yang lain seperti dokumentasi foto dan video, gaun dan pakaian pengantin, seserahan pernikahan, mas kawin dan lain-lain bisa saja diperlihatkan pada publik, namun tidak sesering buku nikah dan cincin kawin. 

Saking pentingnya arti cincin kawin dan buku nikah tersebut, maka pasangan pengantin akan menjaga keduanya lebih dari yang lainnya. Dalam bahasa gaul, mungkin bisa dikatakan bahwa, buku nikah dan cincin pernikahan adalah benda pertama dan terakhir dalam perkawinan mereka. Benda lain yang menjadi saksi pernikahan perlahan-lahan akan meninggalkan atau pun ditinggalkan oleh mereka. Mungkin karena rusak, sudah tidak sesuai, modelnya sudah kuno dan lain-lain.

Kembali ke soal memilih cincin kawin. Karena begitu spesialnya arti cincin pernikahan tersebut bagi calon pengantin, maka dengan antusias mereka pun mencari aneka model cincin yang sesuai. Misalnya dengan browsing via internet, membaca majalah, atau pun keluar masuk toko perhiasan. 

Nah, jika anda adalah salah satu dari mereka, berikut ini adalah tips memilih cincin kawin bagi calon pengantin. 

1.       Ajak calon pasangan berdiskusi tentang cincin pernikahan yang terbaik atau paling sesuai untuk anda berdua. Dengarkan pendapat pasangan, jangan keukeuh dengan pendapat sendiri. 

2.       Sesuaikan model yang dipilih dengan anggaran yang tersedia, jangan terlalu memaksakan diri. Cincin pernikahan memang penting, tapi masih banyak hal lain yang tidak kalah penting.

3.       Cari informasi, karena di pasaran banyak tersedia aneka model cincin kawin. Dengan bekal informasi yang memadai anda berdua tidak akan bingung dalam memilih. 

4.       Model cincin senantiasa berubah. Demikian pula model bagi pria dan bagi wanita berbeda. Pilih model yang paling sesuai dengan gaya dan kepribadian anda berdua. Model cincin yang simpel dan klasik cenderung lebih sesuai untuk pemakaian jangka panjang.

5.       Fleksibel saja dalam memilih cincin pernikahan, jangan terpaku dengan model dan warna tertentu. Sikap kaku mungkin akan menimbulkan kesan negatif dari pasangan anda. 

6.       Syarat utama memilih cincin adalah faktor kenyamanan, untuk itu ukuran cincin harus benar-benar pas dengan jari tangan. 

7.       Terakhir, tentu saja, pilih cincin pernikahan hanya di toko perhiasan yang terpercaya. 

Jenis-jenis cincin kawin

Situs Vemale.com  menyebutkan ada tiga jenis cincin kawin yaitu :

Rounded-edge wedding ring, yakni jenis cincin yang bagian luarnya tidak datar tapi cembung dan ditengahnya ada aksen tambahan. Cincin ini banyak dipilih oleh calon pengantin. 

High-domed wedding ring, hampir sama dengan rounded-edge, tapi di bagian tengahnya tidak ada hiasan dan dibiarkan polos. 

Flat wedding ring, sesuai namanya, jenis cincin ini memiliki bentuk yang datar. 

Selain jenis cincin tersebut banyak pula jenis lain yang merupakan variasi dari ketiga jenis diatas.


Tips mengukur cincin kawin


Anggaran untuk membeli cincin kawin sudah tersedia, model, warna dan bahan sudah disepakati, sekarang tinggal mengukur cincin yang akan digunakan. Agar tidak salah ukuran, berikut tips untuk mengukur cincin kawin tersebut.


1.       Waktu pengukuran sebaiknya pada siang hari, karena saat itu ukuran jari ada pada kondisi yang maksimal. 

2.       Jangan mengukur jika jari dalam keadaan dingin. Hangatkan dahulu agar suhu jari sama dengan suhu ruangan.

3.       Untuk mengukur diameter cincin, pakai tali kecil atau benang dan lingkarkan pada jari. Berikan tanda pada ujung pertemuan keduanya. Hitung jarak antara kedua ujung, lalu bagi dengan 3,14. 

Akhirnya, dalam memilih cincin kawin kita perlu sikap yang bijak, yaitu dengan melihatnya dari berbagai aspek.Cincin mewah dengan harga mahal tidak akan berarti apa-apa jika pernikahan yang kita bangun kemudian berantakan ditengan jalan. Sebaliknya meskipun cincin yang kita kenakan harganya lebih murah, tapi jika pernikahannya langgeng sampai kakek-nenek, maka ia akan menjadi cincin terindah yang akan dikenang seumur hidup.

Tak ada jaminan cincin yang mahal akan membuat sebuah perkawinan menjadi langgeng. Cincin yang melingkar di jari itu adalah “tanda” dari cinta dan kesetiaan pasangan pengantin. Cincin itu penting dari sisi simbolik, tapi yang lebih utama adalah menjaga keutuhan cinta dan kesetiaan itu sendiri.


Title: Tips Memilih Cincin Kawin Bagi Calon Pengantin; Written by Slamet Riyadi; Rating: 5 dari 5
Template by Trikmudahseo - Powered by Blogger