Cara Mencari Jodoh Menurut Budaya Jawa


Mencari jodoh dalam setiap adat atau budaya memiliki keunikannya sendiri, termasuk adat atau budaya Jawa. Dalam soal mendapatkan jodoh, budaya Jawa juga memiliki keunikan yang mungkin berbeda dengan budaya lainnya.  Menurut adat Jawa jodoh yang baik adalah jodoh yang memperhatikan unsur keserasian dalam hal bibit, bobot, dan bebet diantara pihak pria dan pihak wanita calon pasangan suami-istri.  

memilih jodoh menurut adat jawa
Berikut poin-poin penjelasan cara mencari jodoh menurut budaya Jawa.  

1.       Bibit artinya keturunan, yaitu calon suami atau calon istri mestilah memperhatikan bahwa jodoh yang dipilihya adalah anak dari keturunan baik-baik. Orang tuanya baik, kakek-neneknya baik, keluarga besarnya juga baik, dan lain-lain. Tidak ada anggota keluarga besarnya yang jadi penjahat misalnya. Seperti maling, koruptor dan lain-lain. Demikian juga baik dari segi mental, misalnya bukan keturunan orang gila atau orang tidak waras. Orang awam sering menerjemahkan bibit sebagai faktor “ningrat”, tapi menurut kami itu tidak benar. 

2.     Bobot kurang lebih artinya harta kekayaan. Calon suami atau istri, sebaiknya dipilih dengan memperhatikan unsur bobot-nya. Artinya dalam mencari jodoh janganlah yang miskin-miskin amat. Atau meskipun calon yang bersangkutan masih miskin setidaknya ia memiliki pekerjaan yang bisa diandalkan sehingga bisa membawanya keluar dari kemiskinan. Meskipun pertimbangan bobot banyak yang menganggap sebagai materialistik, namun menurut hemat kami arti bobot lebih kepada inner quality atau kualitas yang dimiliki dari sang calon mempelai dari pada harta kekayaan.

3.       Bebet artinya subur atau tidak mandul. Jadi dalam mencari jodoh, carilah pria atau wanita yang subur dan tidak mandul sehingga bisa cepat hamil dan mudah punya anak atau keturunan. Bebet dinilai penting karena tujuan dibangunnya sebuah rumah tangga diantaranya adalah untuk segera hamil dan memperoleh anak atau keturunan.

Nah, itulah keunikan budaya Jawa dalam hal mencari jodoh. Sebuah cara yang khas dan unik, serta sangat boleh jadi berbeda dengan cara mencari jodoh yang berlaku dalam budaya suku-suku lainnya di Indonesia. (Lihat juga : Cara mencari jodoh menurut Islam)


Cara Cepat Hamil